MOBIL PERTAMA DI DUNIA
Kendaraan pertama
yang menggunakan tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18.
Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut
pada tahun 1769. Peningkatan mesin uap paling dikenal dikembangkan di
Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Di Birmingham pun mobil tenaga
bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick
William Lanchester. Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan
kepada Oliver Evans pada 1789. Pada tahun 1804 Evans mendemonstrasikan
mobil pertamanya di AS, yang juga merupakan kendaraan amfibi pertama
yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan
di air menggunakan roda padel. Nikolaus August Otto adalah penemu
Jerman yang pada tahun 1876 menciptakan mesin dengan empat dorongan
pembakaran. Pembakaran bagian dalam mesin merupakan suatu hasil
pemikiran yang cermat dan ini dipakai untuk penggunaan dalam gerakan
mesin mobil.
Banyak percobaan dilakukan membuat mobil sebelum Otto
menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti Siegfried Marcus (1875),
Etienne Lenoir (1862) dan Nicolas Joseph Cugnot (1769), telah berhasil
membikin model yang bisa bergerak. Tetapi berhubung kekurangan dalam
mengkombinasikan antara keringanan dan kecepatan, tak satu pun model itu
punya arti praktis untuk digunakan. [Mesin 4 Tak Otto] Dalam jangka
waktu lima belas tahun sejak Otto menciptakan mesin dengan empat
dorongan pembakaran, dua penemu yang berbeda-beda, Karl Benz dan
Gottlieb Daimler, masing-masing secara tersendiri membuat mobil yang
praktis dan laku di pasar. Tetapi jelas, berjuta-juta mobil di abad lalu
99% menggunakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Umumnya mobil
pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir
bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah.
Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm
Maybach di Stuttgart. Mesin Otto digunakan oleh pelopor mobil Gottlieb
Daimler dan Karl Benz. Gottlieb Wilhelm Daimler Gottlieb Wilhelm Daimler
yang terlahir tanggal 17 Maret 1834 adalah seorang insinyur Jerman yang
membuat mobil pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz). Pada tahun
1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari perusahaan karena dia
mengambil keputusan mau memprodusir mesin untuk sepeda. Menjelang tahun
1883 dia berhasil menciptakan mesin dengan sistem pembakaran sempurna
yang mampu menggerakkan mesin dengan kecepatan putaran 700-900 per
menit.
Daimler berusaha mati-matian membuat mesin untuk sepeda yang berarti
sepeda motor pertama di dunia. Tahun berikutnya Daimler membuat mobil
roda empatnya yang pertama. Tak dinyana, Karl Benz menggebraknya bikin
mobil beroda tiga beberapa bulan mendahuluinya. Mobil Benz, seperti
halnya Daimler, digerakkan oleh mesin versi Otto. Gottlieb Daimler mulai
memasarkan mobilnya sedikit lebih belakang dari Benz dan dia pun
sukses. Pada tahun 1890 ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft
(DMG). Mobil Daimler pertama berkekuatan enam tenaga kuda dijual kepada
Pangeran Wales. Mobil ‘Benzine Buggy” dipatenkan tahun 1895. Pada 24
tahun setelah kematian Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan
kooperatif dengan Benz & Cie milik Carl Benz dan pada tahun 1926
kedua perusahaan itu bergabung membentuk Daimler-Benz AG, yang kini
bagian Daimler AG. Daimler wafat pada 6 Maret 1900 dan penemuannya yang
mendapatkan paten pertama adalah mesin empat tak (1883) Karl Friedrich
Benz Karl Friedrich Benz yang lahir pada tanggal 25 November 1844 adalah
seorang insinyur otomobil Jerman. Umumnya ia (bersama Gottlieb Daimler
yang sezamannya) dipandang sebagai salah satu pencipta otomobil berbahan
bakar bensin.
Karl Benz membikin mobil beroda tiga, dengan tekun terus menyempurnakan
mobilnya dan dalam beberapa tahun berhasil memasarkannya. Mobil Benz
dapat melaju dalam kecepatan mesin di bawah 400 putaran per menit, ini sudah memadai untuk
dianggap mobil praktis. Pada 1903 Benz pensiun dari Benz & Co.,
tapi tetap sebagai anggota dari papan pengawas sampai kematiannya.
Perusahaan Benz dan Daimler bergabung membentuk Daimler-Benz di 1926,
yang kemudian berganti nama menjadi Mercedes-Benz. Karl Friedrich Benz
meninggal di Ladenburg di Neckar, Jerman. Pada tanggal 4 April 1929
Henry Ford Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau
dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902 dan kemudian dikembangkan
besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an.
Dalam periode dari 1900 ke
pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat,
disebabkan oleh jumlah besar pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing
untuk meraih perhatian dunia. Pengembangan utama termasuk penyalaan
elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering,
untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi
independen, dan rem empat ban. [Ford Car - cdn.dipity.com] Pada tahun
1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan,
walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit
ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh
Andre Citro�n dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun
teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang
dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan
mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930 jumlah produsen mobil
berkurang drastis saat industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960
jumlah produsen hampir tetap dan inovasi berkurang. Teknologi baru
hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam
penemuan manajemen mesin yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika
barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan
cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil.
Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil
berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar