Kamis, 29 Mei 2014

KORBAN LUMPUR LAPINDO

JOKOWI JANJIKAN KORBAN LUMPUR LAPINDO


 


Calon Presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi ) menghadiri peringatan 8 tahun semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo. Dalam acara peringatan tersebut, Jokowi meneken kontrak politik dan menjanjikan talangan negara sebagai solusi gagal bayar PT Lapindo Brantas terhadap korban di peta area berdampak. Acara peringatan yang dihadiri pejabat Pemda dan ratusan warga yang menjadi korban lumpur Lapindo.

Jokowi berpendapat, dalam kasus semburan lumpur Lapindo yang telah berlangsung selama 8 tahun negara telah absen dan gagal melindungi hak warga negara dalam hal ganti rugi.Negara harus mengganti rugi ke warga korban Lapindo atas sejumlah dampak yang mengakibatkan kerusakan yang parah. Selain menjanjikan dana talangan, Jokowi juga menjanjikan program Indonesia Pintar dan Indonesia Sehat.

Dalam posisi seperti ini, dalam kasus seperti ini, negara harusnya hadir sebagai representasi dari kedaulatan rakyat. Kalau negara terus menerus tidak memperhatikan korban lumpur Lapindo, berarti negara telah absen dan dianggap telah melupakan rakyat. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebutkan untuk meneruskan program Raskin dan Sertifikasi guru tak akan dihapus, malah akan di perpanjang.