Senin, 30 Juni 2014

Cantik Bulan Ramadhan

 CANTIK DAN BUGAR SELAMA BULAN RAMADHAN

 


Puasa bagi umat Islam merupakan salah satu ibadah wajib selama bulan Ramadhan, dan dibalik puasa ini ternyata mengandung berbagai manfaat yang baik bagi tubuh diantaranya ketenangan jiwa, mengatasi stress, meningkatkan daya tubuh dan memelihara kesehatan dan kecantikan. Puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami, dan bisa meningkatkan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan  fungsi fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh secara ideal bagi yang menjalankannya. Hal ini terjadi saat puasa diwajibkan untuk mengontrol pola makan dan bersikap positif, sikap positf inilah inilah yang menjadi resep jitu untuk mendaptkan nilai kecantikan dalam diri wanita.

Dengan berpuasa, seorang wanita juga mengatur makanan yang dikonsumsi, mengurangi konsumsi karbohidrat, lemak, mengurangi rokok. Rangkaian aktivitas sehat ini akan membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit degeneratif seperti stroke, jantung dan obesitas. Saat berpuasa, waktu makan diatur dari tiga kali menjadi dua kali dengan jarak antara dua waktu makan sekitar 14 jam yang dimulai dari sahur sampai berbuka. Sejumlah penelitian mengungkapkan, puasa bermanfaat bagi kesehatan diantaranya :

DETOKSIFIKASI

Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dalam tubuh. Penyakit yang sering muncul apabila seseorang menyimpan banyak racun dalam tubuhnya antara lain :
  • Magh
  • Asma
  • Darah Tinggi
  • Kolesterol
  • Encok
  • Stress
  • Dll
Proses pembuangan racun akan efektif bila dilakukan minimal setahun sekali selama 30-40 hari, jika racun tidak segera dibuang tubuh akan bereaksi seperti seringnya sakit kepala, mual, kembung, sering masuk angin, jerawatan, keputihan, dll. Dengan berpuasa " tubuh akan mendetoksifikasi secara alamiah yang selama ini menumpuk, hasilnya bisa terlihat seperti kulit lebih bersih, tekanan darah dan gula menurun, serta fungsi organ tubuh menjadi lebih baik.

Untuk mengoptimalkan proses tersebut, anda dapat menambah asupan makanan alami seperti buah dan sayur, serta mengurangi makanan yang diproses. Penambahan asupan seperti mengkonsumsi buah dan sayur yang kandungan serat dan gizinya tinggi. Dengan makin sering mengkonsumsi bahan makanan tersebut selama bulan puasa, maka semakin banyak pula proses pengeluaran racun dalam tubuh.

OBAT AWET MUDA

Menurut para pakar yang disebut awet muda adalah proses penuaan sel yang dihambat, salah satu penyebab penuaan sel kulit adalah radikal bebas, kalau dalam tubuh banyak radikal bebas akan merusak dinding sel kulit yang berakibat penuaan. Jadi disisi lain radikal bebas dipangkas disisilain antioksidan ditingkatkan. Kedua hal tersebut merupakan salah satu cara meningkatkan kecantikan selama bulan puasa.

Dalam menjaga agar tubuh tetap fit dan cantik dibulan puasa terdapat cara lainnya yang juga sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kecantikan bagi wanita, Diantaranya :
  1. Jangan Tinggalkan Sahur, seberat apapun mata anda terbuka saat sahur tiba, sebaiknya anda tetap semangat untuk bangun, karena pada saat sahur adalah kondisi awal badan siap menerima makanan. Sebaiknya saat sahur makanlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah dan sayuran, dengan makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap.
  2. Gunakan Pelembab, agar terhindar dari gangguan kulit kering selama berpuasa, jangan lupa untuk sering menggunakan Lotion pelembab agar permukaan kulit menjadi tetap lembab dan tidak kering. Perbanyaklah minum air putih saat sahur agar kulit tidak menjadi kering dan menghindari dehidrasi. Pada saat beraktivitas dalam ruangan ber AC jangan lupa untuk menggunakan pelembab kulit.
  3. Tetap Beraktivitas, pada saat berpuasa usahakan tetap beraktivitas, jangan turuti rasa lemas dengan tidur seharian. Pilihlah olah raga ringan dan selalu ikut sholat tarawih, karena tarawih selain bernilai ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran jasmani karena gerakan saat sholat sama dengan membakar kalori.
Jadi berpuasa di bulan Ramadhan bisa bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan kesehatan rohani, puasa disamping sebagai ajang meningkatkan ketaqwaan juga bermanfaat positif dalam kesehatan jasmani & rohani.


Jakarta, 1 Juli 2014
Original Posted
Herry Hermawan
PT Metalogic Infomitra
www.metalogic.co.id