Minggu, 29 Juni 2014

Bulan Penuh Berkah

BULAN RAMADHAN BULAN PENUH BERKAH
 
 


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, bulan penuh pengampunan dan bulan penuh pahala dari Allah SWT. Berlomba lombalah untuk mencari ridho ilahi di bulan Ramadhan, karena bulan Ramadhan lebih mulia dari seribu bulan. Berikut ini beberapa manfaat tentang melakukan kebajikan di bulan Ramadhan yang penuh hikmah.

Bulan Ramadhan Bulan Ketaqwaan

" Wahai orang orang yang beriman, diwajibkan atas kalian puasa, sebagaimana diwajibkan atas kaum sebelum kalian, agar kalian bertaqwa " ( Surat Al Baqarah:183 ).
Bulan Ramadhan adalah bulan untuk lebih meningkatkan ketaqwaan manusia kepada Allah SWT, bulan Ramadhan adalah bulan yang lebih mulia diantara 11 bulan.

Bulan Ramadhan Bulan Kesabaran

Bulan Ramadahan adalah bulan untuk melatih kesabaran, baik itu bersifat fisik maupun rohani :
  1. Kesabaran Fisik adalah untuk menahan lapar / tidak menyantap makanan & minuman dari mulai pagi hari sampai adzan maghrib.
  2. Kesabaran Rohani adalah untuk melatih kesabaran seperti emosi, hawa & nafsu, sehingga di bulan Ramadhan, manusia dapat mengendalikan hawa nafsunya.
Bulan Ramadhan Bulan Lailatul Qadar

Dibulan Ramadhan terdapat malam keberkahan dan disebut malam Lailatul Qadar, malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih mulia dibandingkan seribu bulan. 

Bulan Ramadhan Bulan Penuh Pengampunan

Bulan Ramadhan adalah bulan pengampunan, " Dan, siapa yang berpuasa dibulan Ramadhan dengan didasari keimanan dan pengharapan ridha Allah SWT, diampunkan untuknya dosa yang telah lalu " (HR. Bukhari )

Bulan Ramadhan Bulan Penerang Umat Manusia

Allah SWT menurunkan kitab kitab suci untuk manusia pada bulan Ramadhan, Taurat turun pada hari keenam Ramadhan, Shuhuf Ibrahim turun pada awal malam pertama Ramadhan, Injil turun di hari ketiga belas Ramadhan, dan Rasulullah mendapat wahyu pertama di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan Bulan Penuh Pahala

Amalan pahala akan berlipat ganda dibulan Ramadhan. " wahai manusia, telah datang kepada kalian bulan agung yang penuh berkah, bulan yang malamnya terdapat malam Lailatul Qadar yaitu sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, dan barang siapa yang mengerjakan kewajiban di bulan Ramadhan, maka ia seperti mengerjakan tujuh puluh kewajiban pahala. (HR. Ibnu Huzaimah)

Bulan Ramadhan Bulan Ditutupnya Pintu Neraka

" Jika Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu surga dan ditutuplah pintu neraka, serta syaitan syaitan juga dibelenggu ". (HR Bukhari). Sebagai tanda datangnya Ramadhan sekaligus pemulyaan terhadap bulan suci Ramadhan.

Bulan Ramadhan Bulan Penuh Sedekah

Sebaik baiknya sedekah yaitu sedekah di bulan Ramadhan.(HR. Tirmidzi).Sedekah dibulan Ramadhan akan berlipat lipat kali nilainya, maka berlomba lombalah untuk bersedekah di bulan Ramadhan.
Bulan Ramadhan Bulan Kejujuran

Puasa di bulan Ramadhan dapat menumbuhkan sifat Amanah, baik dengan amalan yang nampak maupun amalan yang tersembunyi. Dalam menjalankan ibadah puasa, hanya Allah SWT lah yang benar mengetahui, apakah seseorang menjalankan ibadah puasanya di bulan Ramadhan.


Kehadiran bulan Ramadhan adalah kehadiran bulan penuh berkah, seharusnya bisa dijadikan waktu intropeksi diri manusia terhadap tingkah laku & kelakuan di 11 bulan sebelumnya. Manfaatkan dengan sebaik baiknya kehadiran bulan Ramadhan, manfaatkan dengan nilai nilai positif yang membawa nilai dan berkah, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.




Jakarta, 30 Juni 2014
Original Posted
PT Metalogic Infomitra
Konsultan Software
www.metalogic.co.id