Minggu, 29 Juni 2014

Tip Jantung Sehat

TIP UNTUK JANTUNG SEHAT

 


Jangan meremehkan tugas mencuci mobil atau juga memotong rumput dikebun, studi terbaru menunjukkan bahwa beraktifitas secara fisik di rumah dengan melakukan aktivitas sehari hari turut mengurangi resiko serangan jantung. Studi yang dilakukan para ilmuwan di Swedia dan dilaporkan didalam British Journal mengunkap bahwa aktivitas sederhana bisa mengurangi  resiko serangan jantung sampai nyaris 30% pada orang orang berusia diatas 60 tahun.

Para Peneliti memantau 7.000 warga swedia yang berusia 60 tahun dan menyusuri kondisi kesehatan mereka selama 1,5 tahun kedepan, selawa waktu itu, partisipan harus mencatat seberapa sering mereka melakukan aktivitas tertentu, seperti memperbaiki kerusakan perabot, menyapu rumah, memotong rumput dan membersihkan kamar. Pada akhir periode, para peneliti mendapati bahwa partisipan dengan aktivitas fisik tinggi, tanpa memperhitungkan faktor olahraga formal, memiliki resiko 28% lebih rendah terhadap penyakit jantung bila dibandingkan mereka yang tidak bergaya hidup aktif. Partisipan yang aktif juga memiliki resiko kematian 35% lebih sedikit jika dibandingkan dengan partisipan yang tidak aktif beraktivitas.

Hasil ini tidak berbeda secara signifikan dibandingkan mereka yang teratur berolahraga formal tapi menjalani sedikit aktivitas fisik non olahraga, memiliki resiko paling rendah terhadap penyakit jantung maupun kematian. Dari informasi beberapa aktivitas partisipan, peneliti mengambil beberapa kesimpulan untuk Tip Jantung Sehat diantaranya :
  1. Pastikan anda tidur cukup, mengelola tingkat stress dan sering melakukan relaksasi yang bisa membuat aliran darah tetap teratur
  2. Berolahragalah yang teratur selama minimal 30-60 menit / 3hari dalam seminggu, hal ini untuk menjaga agar tubuh anda tetap fit.
  3. Pertahankan sosialisasi agar anda tidak cepat pikun, cari dukungan dari orang terdekat terutama keluarga dan sahabat.
  4. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu, makanan yang mengandung fitostrogen seperi kedelai, lidah buaya, bengkuang dan bunga matahari (kuaci)


Aktif secara fisik, entah individu melakukan olahraga secara teratur atau tidak terkait dengan kesehatan kardiovaskular dan umur panjang dan studi ini menjelaskan dan menegaskan bahwa mempromosikan aktivitas fisik non olahraga dalam kehidupan sehari hari adalah sama pentingnya dengan merekomendasikan olahraga teratur bagi orang lanjut usia.