Jumat, 04 Juli 2014

Lama Waktu Tidur

LAMA WAKTU TIDUR YANG BAIK

 



Lama waktu tidur yang baik adalah 6-8 jam setiap harinya. Pada dasarnya manusia memiliki jam biologis, pada malam hari manusia itu beristirahat sedangkan pagi-sore hari manusia itu beraktivitas dan bekerja. Tidur merupakan aktivitas untuk memulihkan energi dan memperoleh energi yang kuat, saat tidur tubuh akan memulihkan energi yang terpakai akibat beraktivitas seharian. Lama waktu tidur yang ideal sampai saat ini masih menjadi " misteri " bagi semua orang, apalagi semakin banyak orang yang kesibukannya tinggi hanya mempunyai waktu tidur yang relatif lebih sedikit.

Penelitian mengatakan bahwa ada orang orang yang tidurnya kurang dari 6-8 jam, hal tersebut biasanya disebabkan tuntutan kesibukan dan juga faktor genetik yang menyebabkannya. Ahli kesehatan Profesor Dr Abdul Basith  menjelaskan bahwa tidur yang baik bukan terletak dari lamanya waktu tidur 6-8 jam melainkan dari kualitas tidurnya sendiri. Tidur dengan kualitas baik (nyenyak) adalah tidur yang tidak bangun dan setelah terbangun badan merasa tambah segar dan energi pulih kembali. Bila secara terus menerus seseorang mendapatkan kualitas tidur yang kurang baik, tentunya akan mengurangi konsentrasi dan memicu stress. 

Waktu ideal untuk tidur tidak bisa dipatok delapan jam sehari, faktor usia juga bisa mempengaruhi pada lamanya waktu tidur, penelitian terbaru di Inggris mengemukakan bahwa waktu tidur yang baik bisa berbeda beda tergantung waktu usia seseorang. Penelitian itu menyingkap bahwa orang yang sudah lanjut usia membutuhkan jam tidur yang relatif lebih sedikit. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa masing masing orang bisa memiliki jumlah waktu tidur yang variatif selama masuk kategori wajar dan tidak berlebihan. Masa tua yang sehat ditandai dengan berkurangnya waktu tidur dan bertambahnya waktu aktif di siang hari, semakin banyak aktivitas juga bisa menentukan kualitas tidur usia tua.

Partisipan berusia 20-30 th rata rata tidur selama 7,23 jam, sementara partisipan usia 40-55th rata rata tidur selama 6,83 jam data itu juga didukung : usia muda membutuhkan waktu 8,7 menit untuk terlelap, usia 40-55 th membutukan waktu 11,7 menit untuk terlelap dan lansia membutuhkan waktu 14,5 menit. Meski begitu peran waktu tidur masih belum jelas, makanya untuk bisa menjaga kualitas tidur yang baik di perlukan cara cara seperti ini :
  1. Hindari Minuman Beralkohol alkohol sering menjadi pelarian supaya orang bisa tertidur atau untuk tidak sadarkan diri, namun ternyata sifat alkohol justru akan merusak siklus tidur. Alkohol juga bisa merusak sistem metabolisme tubuh dan akan pusing ketika anda terbangun.
  2. Matikan Lampu usahakan untuk mematikan lampu kamar sebelum anda beranjak tidur, dengan lampu kamar yang padam membuat pikiran anda rileks.
  3. Perhatikan Waktu Makan jangan tidur ketika perut kosong atau setelah makan, makan malam baiknya dilakukan 1 jam sebelum tidur, hal ini untuk menjaga proses pencernaan selam tubuh tertidur.
  4. Matikan Gadget masih banyak orang yang browsing hingga tengah malam, hal itu sangat mengganggu rutinitas lama tidur yang ideal.
  5. Bersihkan Tempat Tidur buatlah kasur anda senyaman dan sebersih mungkin sebelum tidur, dengan kondisi kasur yang bersih dan nyaman, bisa membuat perasaan mengantuk dan membuat ingin tidur
  6. Hindari Pemakain Obat Tidur banyak orang yang menggunakan obat tidur sebagai cara cepat untuk bisa tidur, hal ini sangat merugikan bagi sirkulasi tidur anda dikarenakan anda pasti akan ketergantungan pada obat tidur dan pasti mempunyai phobia " tidak bisa tidur kalau tidak minum obat " 
  7. Buat Tubuh Rileks pasanglah wewangian aroma teraphi dikamar anda, aroma teraphi bisa menjadikan tubuh dan pikiran anda bisa lebih rileks, sehingga cepat mendatangkan rasa kantuk.

Tidur merupakan kegiatan rutin dari siklus manusia yang dapat mengistirahatkan pikiran dan jiwa kita, tetapi banyak juga orang yang mengabaikan waktu lama tidur yang baik. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor,mengerjakan tugas yang sudah menumpuk, banyak pikiran, browsing internet dan kegiatan lainnya yang dapat mengganggu waktu tidur anda. Jadi manfaatkanlah waktu tidur anda dengan baik, sebab tubuh anda adalah faktor penting dalam beraktivitas.