Selasa, 29 April 2014

TIPS ALAMI MERAWAT RAMBUT


Kondisi rambut kering perlu mendapat perawatan ekstra agar kondisinya tidak menimbulkan implikasi ke masalah rambut lainnya seperti kerontokan rambut. Untuk mengetahui rambut anda sehat atau tidak bisa ditest dengan cara yang sederhana adalah letakkan helai rambut kamu pada segelas air bening. Jika rambut tenggelam, berarti tergolong sehat. Tapi, jika helai rambut mengapung, itu artinya rambut anda kering dan tidak sehat.

Berikut ini beberapa tips dan advice untuk mengatasi rambut kering dengan perawatan alami dan sederhana yang secara signifikan akan menyehatkan rambut anda.
Tips cara merawat rambut kering

Mengatasi rambut kering dengan alpukat
Alpukat sangat kaya akan manfaat, salah satunya Alpokat Untuk Kecantikan. Dan kali ini alpukat akan bermanfaat untuk mengatasi rambut kering. Cara penggunaannya, haluskan daging alpukat hingga merata, lalu oleskan pada keseluruhan bagian rambut yaitu dari kulit hingga ujung rambut. Lalu diamkan selama 20 menit, jika sudah selesai maka bersihkan dengan air.
 
Mengatasi rambut kering dengan minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung vitamin E dan Antioksidan yang dapat membantu melembabkan rambut yang kering dan rusak. Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit rambut lalu pijat hingga merata sampai dengan 30 menit. Setelah selesai bilaslah dengan menggunakan air yang bersih.
 
Jangan keramas setiap hari
Keramas setiap hari akan mengurangi minyak alami di rambut. Minyak alami ini diperlukan untuk melembabkan rambut. Memang kelenjar minyak atau produksi minyak di kulit kepala setiap orangnya  berbeda-beda. Ada sebagian orang yang memiliki kadar minyak tinggi ada juga yang sedikit.Ukuran normal disarankan untuk keramas setiap cukup dua atau tiga hari sekali. Hal ini dilakukan Agar rambut tidak mudah rapuh, kusam, kering dan mudah rontok akibat kekurangan minyak pelembab.
 
Jangan menggaruk kulit kepala
Jangan menggaruk kulit kepala, cukup di pijat lembut saja. Memang terkadang kita tidak sadar menggaruk kulit kepala kita apalagi kalau gatal. Sebisa mungkin hindari penggarukan kulit kepala karena dkhawatirkan akan membuat kulit kepala iritasi dan bahkan menyebabkan rasa perih. Jika kulit kepala iritasi ini akan mengurangi kelembapan alami rambut yang dihasilkan oleh kulit kepala.
 
Hindari menyisir rambut saat basah
Saat rambut basah jangan sekali kali anda menyisirnya,karena rambut basah biasanya sedikit rapuh dan mudah rontok. Tak hanya rontok kadar air yang bisa melembabkan rambut juga akan hilang, jadi usahakan jangan menyisir rambut anda saat basah.
 
Hindari berkeramas dengan air panas
Jangan berkeramas dengan menggunakan air panas, maksudnya air yang hangatnya mendekati panas. Kalaupun anda harus keramas dengan air hangat suhunya jangan terlalu panas dan jangan sering dilakukan. Satu bulan satu kali cukup jika anda ingin menggunakan air hangat. Air yang panas akan membuat rambut menjadi rusak dan tersiksa, yang lebih baik adalah berkeramas dan bilaslah rambut dengan air biasa.
 
Jangan sering mengecat rambut.
Jika anda hobi mengecat rambut dengan aneka warna, mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut karena bisa merusak rambut anda dan membuat rambut mudah kering. Namun jika memang dituntut untuk bekerja dengan ganti ganti warna wambut seperti para artis, maka anda bisa mensiasatinya dengan melakukan perawatan rambut menggunakan kondisioner setiap hari.
 
Hati-Hati jika ke salon rambut
Jika saat ini anda sering melakukan perawatan rambut di salon hindari penggunaan alat-alat salon yang dapat merusak rambut seperti hair dryer, pengeriting rambut, sasak, bahan kimia yang sering digunakan untuk masker rambut, dn lain-lain. Alat-alat tersbut harus dihindari karena alat tersebut menggunakan pemanasan suhu yang cukup tinggi dapat merusak perkembanagan dan pertumbuhan rambut sehingga rambut lebih mudah kering yang mengarah pada rambut mudah rontok. Anda harus mulai mencoba perawatan rambut rambut dengan tangan sendiri dan gunakanlah bahan-bahan alami yang ada disekitar kita, seperti yang disebutkan di atas.
 
Jangan mengikat rambut saat tidur
Jika anda mengikat rambut saat tidur, sebenarnya hal ini merupakan cara yang salah dan hanya akan menyiksa rambut, hal ini karena akar rambut tidak dapat bernapas dengan baik. Bebaskan rambut anda ketika tidur dan jangan mengikat rambut terlalu kencang. Hindari Juga mengikat rambut saat berkeringat. Hal ini bertujuan untuk menghindari rambut agar tidak bau, jika berkeringat biarkan sampai keringatnya hilang dulu
 
Hindari Sisir Yang Giginya Terlalu Rapat
Anda menyisir rambut anda hampir setiap hari. Maka anda harus memperhatikan sisir anda apakah bergigi sangat rapat atau tidak. Menyisir rambut dengan sisir yang bergigi rapat apalagi dalam keadaan rambut masih basah itu akan menyebabkan kerusakan rambut anda. Cobalah menyisir dengan sisir bergigi jarang agar rambut tidak mudah rontok dan rapuh.
 
Bilas Rambut Dengan Air Dingin
Apakah anda seseorang yang sering membilas rambut dengan air hangat? Jika memang iya, usahakan mulai dari sekarang rubah cara memilas rambut anda, bilaslah rambut dengan menggunakan air dingin. Loh kenapa harus menggunakan air dingin? Hal ini didasari pada Air dingin dapat menjaga kelembapan rambut anda, sehingga anda dianjurkan untuk membilas dengan air dingin. dan berbanding terbalik jika anda menggunakan air hangat untuk membilas rambutnya.