Senin, 04 Agustus 2014

Konsultan Software Akuntansi

Konsultan Software Akuntansi Indonesia


PT Metalogic Infomitra adalah salah satu Konsultan Software Akuntansi Terbaik di Indonesia, makna dari Konsultan : Seseorang yang ahli dan paham tentang suatu ilmu, baik itu untuk perencanaan, pengimplementasian dan penyelesaian masalah. Sedangkan untuk Teori, Fungsi Akuntansi dan Metode Akuntansi dapat didefinisikan sebagai berikut :

Teori Akuntansi
Suatu susunan konsep, definisi dan dalil yang menjelaskan secara sistematis hubungan antara variabel dalam struktur perhitungan dengan maksud dapat memprediksi fenomena yang muncul dan sebagai salah satu cara perumusan masalah dalam perhitungan. Akuntansi juga terdiri dari pernyataan sistematik tentang prinsip dan metodelogi dalam suatu perumusan perhitungan.

Fungsi Teori Akuntansi
Fungsinya sebagai berikut
  1. Sebagai pedoman bagi lembaga yang akan menyusun data suatu laporan atau data laporan perhitungan.
  2. Sebagai acuan dalam penyelesaian masalah perhitungan dengan menggunakan standar resmi metodelogi.
  3. Sebagai cara meningkatkan pemahaman, perumusan dan pemecahan permasalahan dalam sebuah laporan keuangan.
  4. Sebagai kerangka acuan dalam menilai prosedur dan laporan keuangan tersebut dapat diperbandingkan.
Teori Akuntansi harus dapat memberikan penjelasan mengenai praktik laporan keuangan, dapat menjawab dan penyelesaian masalah semua fenomena penerapan suatu metode dalam praktik penyusunan laporan keuangan. Teori Akuntansi dapat dikembangkan dan disaring melalui sebuah proses riset laporan keuangan , standar pernyataan metodelogi dapat diterapkan dalam praktek pada tingkat organisasi.

Teori Akuntansi akan dapat bermanfaat apabila perumusan teori dapat dijadikan sebagai alat / pedoman untuk penyusunan hari ini dan penyusunan laporan keuangan dimasa yang akan datang. Dengan dijadikannya sebagai pedoman, diharapkan Teori Akuntasi harus juga memiliki tujuan sistematis, diantaranya :
  1. Merupakan seperangkat prinsip yang dapat menjelaskan suatu laporan keuangan secara logis, saling terkait dan dapat dijadikan kerangka dasar laporan keuangan.
  2. Teori Akuntansi harus dapat mencakup semua metodelogi laporan keuangan dan dapat memberikan pendekatan berbeda beda satu sama lain.
  3. Teori Akuntansi harus dapat menjelaskan mengenai praktik Akuntansi dan dapat menjelaskan semua fenomena yang melatarbelakangi penerapan suatu metode dalam praktek penyusunan laporan keuangan.
Metode Perumusan Teori Akuntansi 
Teori Akuntansi harus mampu merumuskan dan membuktikan laporan keuangan, oleh karena itu Teori Akuntansi harus terus diuji. Dalam perumusan Teori Akuntansi dapat menggunakan beberapa metode perumusan diantaranya:

Metode Scientific
Kebenaran penyusunan laporan keuangan disampaikan melalui suatu teori dan dapat dibuktikan lewat metodelogi yang ilmiah.

Metode Dogmatic
Kebenaran penyusunan laporan keuangan dapat disampaikan oleh seorang yang ahli dan memiliki wewenang untuk menyampaikan kebenaran penyusunan laporan keuangan dan hal tersebut tidak perlu diuji lagi.

Metode Self Evidence
Kebenaran penyusunan laporan keuangan dari suatu teori yang pembuktiannya berdasarkan oleh pengtahuan umum, pengalaman dan pengamatan.


Indonesia masih belum berupaya secara intensif untuk dapat merumuskan teori atau standar akuntansinya sendiri. Upaya yang baru dilakukan oleh profesi Konsultan Akuntansi adalah perumusan prinsip Akuntansi Indonesia namun belum sepenuhnya dapat menyetuh dasar teori akuntansinya.

Untuk informasi tentang permasalahan tentang penyusunan laporan keuangan dan software penyusunan laporan keuangan, silahkan untuk menghubungi kami :


PT Metalogic Infomitra
Jl Kemandoran 1 No 20
Palmerah - Jakarta Barat
Telp
021 5324790,91,92
atau klik
www.metalogic.co.id